Selasa, 13 November 2012

Instalasi Gawat Darurat (IGD)


I.                    INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)
1.       Pengenalan
Aplikasi ini digunakan untuk membantu didalam kegiatan operasional IGD, IGD merupakan pintu masuk bagi pasien rawat inap, oleh karena itu aplikasi IGD erat hubungannya dengan aplikasi rawat inap. Aplikasi IGD terbagi menjadi 2 bagian :
1.1   Header yaitu daftar pasien









1.2   Detail








2.       Registrasi Pasien
2.1   Letakkan cursor pada header, lalu klik file/display – tambah data, atau dengan cara pencet tombol insert pada keyboard, kemudian table registrasi pasien akan muncul






















2.2   Untuk memulai registrasi pasien, letakkan cursor pada “NO MEDREC”, tekan enter, maka kemudian akan tampil table medical record, berdasarkan kunjungan pasien IGD dibagi menjadi 2, yaitu :
2.2.1          Pasien lama, jika pasien ini pasien lama maka kita dapat langsung memilih langsung pada table medical record, karena data pasien telah ada.
2.2.2          Pasien Baru, jika pasien ini pasien baru, setelah table medical record tampil klik tambah record, kemudian input data-data pasien baru, seperti yang telah kita bahas di Bab I nomor : 2, pada aplikasi medical record, jika data telah masuk, bisa langsung dipilih.
2.3   Kemudian isi data-data tambahan, yaitu jika cara pembayaran pasien menggunakan asuransi atau corporate, data seperti : 1. nama asuransi ; 2. nomor peserta ; 3. nomor kartu ; 4. limit, 5. Nama corporate ; nomor NIK.
2.4   Setelah data lengkap, selesai klik OK

3.       Cetak Form Catatan Medis
Form ini digunakan dokter IGD untuk mencatat keadaan medis ketika pasien masuk ke IGD, diagnose setelah pemeriksaan, tindakan medis yang diambil dan catatan pemberian obat,  nantinya form ini menjadi hard copy medical record, berikut ini cara mencetak form ini adalah sbb :
3.1   Klik icon form pada atas header IGD
3.2   Akan tampil preview form catatan medis
3.3   Pilih print, form catatan medis akan tercetak




































Contoh Form Catatan Medis

4.       Input Biaya Pemeriksaan, Tindakan, Obat & Barang Habis Pakai
4.1   Letakkan cursor pada detail, lalu pilih file/display – tambah record atau tekan tombol insert pada keyboard, pada layar akan muncul tambah data biaya pemeriksaan.













4.2   Tempatkan cursor pada nomor lalu tekan enter, dilayar akan tampil table jasa rumah sakit, pilih nomor perkiraan sesuai jasa medis, tindakan, obat dan barang habis pakai yang diberikan kepada pasien, selesai tekan OK begitu seterusnya sampai semua biaya masuk

5.       Pasien Pulang
Setelah semua rincian sudah masuk semua, pasien diperbolehkan keluar dari IGD, jalankan fungsi pulang, sebelah atas pada aplikasi IGD, selanjutnya akan tampil table pasien pulang, seperti gambar contoh dibawah ini :






pasien keluar IGD dibagi menjadi 2, yaitu :
5.1   Pasien pulang sembuh, yaitu pasien yang setelah perawatan IGD diperbolehkan pulang disebabkan antara lain karena sembuh atau hanya perlu perawatan lanjutan dipoli (rawat jalan), pada pasien pulang sembuh faktur rincian biaya sudah bisa diprint.
5.2   Pasien rawat inap, yaitu pasien yang setelah perawatan IGD memerlukan perawatan yang intensif sehingga perlu dirawat inap, untuk pasien ini pada table keluar IGD pilih “Pindah ke Rawat Inap”

6.        Print Faktur Rincian Biaya
6.1   Letak cursor pada header sesuai nama pasien yang mau di print fakturnya, kemudian klik icon cetak faktur yang terletak disebelah atas aplikasi IGD.
6.2   Selanjutnya keluar pertanyaan format yang diinginkan, pilih salah satunya sesuai format yang diinginkan.









6.3   Selanjutnya klik cetak, faktur akan tercetak, seperti contoh dibawah ini :