Selasa, 13 November 2012

Laboratorium

I.                    LABORATURIUM
1.       Pengenalan
Tabel ini digunakan untuk pembantu kegiatan operasional bagian laboratorium, pada aplikasi ini ada beberapa table, antara lain :
1.1   Tabel Diagnose
Tabel yang berisi semua jenis pemeriksaan laboratorium, sesuai no. perkiraan pada table jasa RS
1.2   Tabel Hasil Lab. Biru
Tabel yang berisi jenis pemeriksaan yang ada pada form biru (lihat pada aplikasi hasil laboratorium), beserta no. diagnose, satuan dan standar normal.
1.3   Tabel Hasil Lab. Kuning
Tabel yang berisi jenis pemeriksaan yang ada pada form kuning (lihat pada aplikasi hasil laboratorium) beserta no. diagnose, satuan dan standar normal.
1.4   Tabel Hasil Lab. Merah
Tabel yang berisi jenis pemeriksaan yang ada pada form merah (lihat pada aplikasi hasil laboratorium) beserta no. diagnose, satuam dan standar normal.
1.5   Tabel Hasil Lab. Hijau
Tabel yang berisi jenis pemeriksaan yang ada pada form Hijau (lihat pada aplikasi hasil laboratorium) beserta no. diagnose, satuam dan standar normal.
1.6   Tabel Hasil Lab. Kultur
Tabel yang berisi jenis pemeriksaan yang ada pada form Kultur (lihat pada aplikasi hasil laboratorium) beserta no. diagnose, satuam dan standar normal.

2.       Registrasi Pasien
2.1   Masuk aplikasi laboratorium, pilih pendaftaran kemudian setting tanggal, selesai klik ok !
2.2   Registrasi, pilih file/display – tambah data, pada kiri atas header atau tekan insert pada keyboard, kemudian akan tampil tambah data registrasi lab., seperti gambar dibawah ini :











2.3   Pilih asal pasien “RI”.”RJ” atau ”IGD”, karena pada contoh kasus disini, laboratium tidak melakukan pendaftaran pasien, tetapi dari 3 tempat tsb diatas.
2.4   Jika pilih “RJ” maka akan tampil daftar pasien rawat jalan sesuai tanggal yang ingin diinput.











2.5    Pilih nama pasien, klik Ok !
2.6   Pasien akan masuk ke header dan registrasi selesai








2.7   Untuk registrasi pasien yang diambil dari rawat inap, setelah registrasi dan rincian biaya pemeriksaan lab. Telah masuk, maka perlu perintah untuk mengirim ke aplikasi perawatan rawat inap, agar beban biaya dan hasil lab. masuk ke rincian biaya rawat inap pasien yang bersangkutan, yaitu dengan pilih tombol “LINK” yang ada pada sebelah atas header registrasi lab.

3.       Pemilihan Jenis Pemeriksaan
3.1   Klik pemeriksaan Lab/R, sebelah atas header, untuk memilih jenis pemeriksaan yang akan diambil, kemudian akan tampil daftar pemeriksaan, seperti gambar contoh dibawah ini :















3.2   Pilih jenis pemeriksaan dengan cara mencontreng, maka otomatis harga pemeriksaan dari table jasa RS juga akan terpilih.










3.3   Selesai, pilih rekam maka jenis pemeriksaan yang dipilih masuk ke detail




4.       Isi Hasil Laboratorium
4.1   Hasil Lab. Biru
4.1.1          Klik icon “Hasil Lab. Biru”, sebelah atas header aplikasi hasil laboratorium, maka akan tampil table pengisian hasil lab. Biru, seperti contoh gambar dibawah ini :
















4.1.2          Isi hasil lab. Sesuai jenis pemeriksaannya, selesai pilih rekam.
4.2   Hasil Lab. Kuning
4.2.1          Klik icon “ Hasil Lab. Kuning”, sebelah atas header aplikasi hasil laboratorium, maka akan tampil table pengisian hasil lab. Kuning, seperti contoh gambar dibawah ini :
















4.2.2          Isi hasil lab., sesuai jenis pemeriksaannya, selesai klik rekam.
4.3   Hasil Lab. Merah
4.3.1          Klik icon “ Hasil Lab. Merah”, sebelah atas header aplikasi hasil laboratorium, maka akan tampil table pengisian hasil lab. Merah, seperti contoh gambar dibawah ini :














4.3.2          Isi hasil lab., sesuai jenis pemeriksaannya, selesai klik rekam.
4.4   Hasil Lab. Hijau
4.4.1          Klik icon “ Hasil Lab. Hijau”, sebelah atas header aplikasi hasil laboratorium, maka akan tampil table pengisian hasil lab. hijau, seperti contoh gambar dibawah ini :
















4.4.2          Isi hasil lab., sesuai jenis pemeriksaannya, selesai klik rekam.
4.5   Hasil Lab. Kultur
4.5.1          Klik icon “ Hasil Lab. Kultur”, sebelah atas header aplikasi hasil laboratorium, maka akan tampil table pengisian hasil lab. kultur, seperti contoh gambar dibawah ini :














4.5.2          Isi hasil lab., sesuai jenis pemeriksaannya, selesai klik rekam.

5.       Print Hasil Laboratorium
Setelah semua hasil lab. telah masuk ke menu langkah selanjutnya adalah mencetak hasil, tahap-tahapnya yaitu :
5.1   Pilih hasil lab. Pada kiri bawah aplikasi hasil lab.
5.2   Dilayar akan tampil pilihan printer, klik print
5.3   Preview hasil lab. Akan tampil, seperti contoh gambar dibawah ini :
















5.4   Cetak pilih print.